1. Logo Piala Dunia 2014
Logo untuk turnamen resmi berjudul "Inspiration", dan diciptakan oleh agen Brasil Africa. Desain ini didasarkan pada gambar tiga tangan yang meraih kemenangan bersama-sama mengangkat trofi Piala Dunia. Pewarnaan kuning dan hijau disini dimaksudkan untuk mewakili Brasil yang menyambut hangat dunia di negara mereka. Logo ini diresmikan pada acara yang diadakan pada Piala Dunia 2010 di Johannesburg
2. Slogan Piala Dunia 2014
http://www.omarketizador.com |
Slogan resmi Piala Dunia 2014 yaitu "All in One Rhythm" yang dalam bahasa portugisnya "Juntos num só ritmo".
3. Lagu Resmi
http://www.supersong.com |
Sebuah lagu resmi juga telah dibuatkan untuk setiap Final Piala Dunia sejak tahun 1962. Untuk Final turnamen 2014, Sony yang menjadi sponsor pada turnamen tersebut telah meluncurkan sebuah kontes musik global berjudul kontes 'SuperSong'. Kontes ini diadakan untuk memilih lagu resmi pada saat kompetisi. Kontes ini memungkinkan setiap orang untuk mengirimkan lagu ciptaan mereka melalui sebuah situs, kemudian para pemenang akan dipilih pada bulan Februari 2014.
4. Alat Musik Resmi
http://samuelmarquesbm.blogspot.com |
Selain membuat lagu, turnamen ini juga mengenalkan sebuah instrumen resmi bernama caxirola, instrumen perkusi yang diciptakan oleh musisi Brasil Carlinhos Brown. Perkusi tersebut dirancang untuk menciptakan suara yang lebih lembut dibandingkan dengan suara vuvuzela yang dikenal selama Piala Dunia 2010. Namun, karena masalah keamanan, FIFA kemudian mengumumkan bahwa caxirola tidak boleh dimainkan di dalam stadion.
5. Poster Resmi
FIFA juga membuat sebuah poster resmi yang diresmikan pada Januari 2013 dan dirancang oleh agensi kreatif Brasil Crama.
6. Maskot Piala Dunia
Fuleco, sebuah armadillo yang melindungi dirinya dari predator dengan cara menggulung menyerupai bola, dipilih sebagai maskot resmi oleh FIFA di acara yang diselenggarakan oleh panitia lokal pada September 2012. Maskot tersebut dipilih dari 47 desain yang dibuat oleh enam agen Brasil setelah riset pasar yang menunjukkan daya tariknya kepada target penonton utama anak-anak berusia 5-12 tahun
7. Bola Resmi
Bola resmi Piala Dunia 2014 adalah Adidas Brazuca. Nama itu dipilih oleh pemungutan suara yang memperoleh lebih dari 1 juta suara dari penggemar sepak bola di Brasil; "Brazuca" menerima lebih dari 70 persen jumlah suara. Adidas, pemasok bola resmi pertandingan Piala Dunia FIFAsejak 1970, mendapatkan inspirasi dari unsur budaya Brasil, dua bola lainnya yang dipilih adalah Bossa Nova dan Carnavalesca.
Sumber: http://id.wikipedia.org/